Jumat, 16 Oktober 2009

Bonsai Kelapa secara Hidroponik (media Air)

Pada dasarnya kelapa mampu tumbuh dalam media apapun baik itu tanah, air, karang, pasir garam, batu, atau menumpuk pada tumbuhan lain (berubah menjadi parasit), dan lebih aneh lagi ada kelapa tumbuh diatas pohon kelapa. namun pada dasarnya setiap tumbuhan hanya mampu ditanam ditanah, jika ada kelapa yang hidup secara hidroponik, maka kelapa tersebut akan memiliki pertumbuhan yang berbeda.

Bagaimana jika Bonsai Kelapa tersebut memiliki kentos yang kecil, licin mengkilap kecoklatan dengan batang kurang lebih berdiameter 2-3 cm dan memiliki daun yang kecil-kecil berurai tumbuh di akuarim kecil? Imajinasikan bahwa melihat kelapa biasa yang tumbuh berkembang tapi berbentuk mini (Bonsai) hidup di air.

Secara Hidroponik ? Apa bisa?

yang harus dilakukan adalah hampir sama seperti membuat bonsai kelapa yang sudah banyak dijelaskan, hanya proses tanamnya saja yang berbeda, yang harus dilakukan adalah menggunakan media air.

Langkah pertama
Carilah kelapa yang sudah memiliki tunas, lalu buka serabutnya secara perlahan agar tidak terputus. Tapi ingat serabutnya jangan dibuang tetapi digunakan untuk menutupi kembali kelapa tersebut dan ikat dengan tali plastik (proses ini berfungsi agar kelapa mampu beradaptasi.

Langkah Kedua
Kelapa yang sudah ditutupi serabut itu direndam ke wadah yang dapat menampung air seperti ember atau kaleng cat bekas setelah itu isilah dengan air yang mengandung (garam, pupuk pelet untuk pertumbuhan akar dan batang, 1 sendok stimulan, dan vetsin)
(proses ini dilakukan agar akar dapat tumbuh lebih cepat dan memanjang). Penyayatan pada tunas tetap harus dilakukan seperti biasa agar batang tidak membesar.

Langkah Ketiga
Setelah akar memanjang, buka serabut yang menutupi kelapa lalu pindahkan kelapa ditempat seperti akuarium kecil, ingat batang dan kentos berada diatas air, yang direndam hanyalah akarnya saja.

Langkah keempat
Proses perawatan sangat sederhana, hanya penyayatan pada batang 3 hari sekali dan mengganti air seminggu sekali agar Bonsai tidak kekurangan Kambium (zat Hijau Daun) yang menyebabkan tanaman tidak sehat. Hal ini dilakukan selamanya hingga kelapa membentuk bonsai kelapa yang unik dan memiliki daya jual tinggi, ingat,...!! harga bonsai kelapa hidroponik 2 kali harga Bonsai kelapa biasa,..
Selamat Mencoba,...!!!

Sumber : patihjournal.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar